Posted in Jalan-jalan

Seribu Harapan di Pulau Harapan

Hiruk pikuk Ibu Kota membuat semua warganya merasa jenuh, kerjaan yang menumpuk, macet dan belum lagi skripsi yang tak kunjung selesai. Sebagian orang memutuskan untuk berlibur ke luar negeri, tapi gue dan teman-teman memutuskan untuk berlibur di dalam negeri aja.

Akhirnya gue memutuskan liburan ke Pulau Harapan. Siapa bilang pantai-pantai cantik dan indah cuma ada di Bali, di ujung kota Jakarta masih banyak pantai-pantai yang bertaburan pasir putih, lautan biru, dan ombak yang tenang.

Pulau Harapan adalah pulau penduduk atau pulau untuk wisatawan singgah. Untuk mencapai Ke Pulau Harapan bisa di tempuh dengan naik kapal dari Muara Angke atau Marina Ancol. Perjalanan yang ditempuh dari Muara Angke sekitar 4 jam. Yaa emang agak lama, tapi semuanya akan terbayar sesampainya di sana.

Gue berangkat dari rumah teman di daerah Slipi pukul 05.00 sampai di Muara Angke jam 05.30. Sesampainya di pom bensin Muara Angke gue dan teman-teman mencari sarapan dulu. Setelah selesai sarapan gue menuju ke dermaga. Nah, jalan menuju dermaga becek dan banyak genangan air, bau amis ikan  juga menyengat. Jadi gue saranin untuk pakai masker biar bau amis nggak terlalu tercium. Setelah mencari-cari akhirnya ketemu dengan Kapal Bahtera, kapal yang akan membawa gue dan teman-teman menuju Pulau Harapan.

Untuk yang nggak terbiasa naik kapal gue saranin minum Antimo, karena kalau nggak minum nanti bisa mabok laut. Hehehe. Gue dan teman-teman menghabiskan waktu di kapal dengan bercerita dan sampai akhirnya semua tertidur lelap di kapal. Sesekali gue keluar untuk menghirup udara segara di lautan.

Setelah 4jam akhirnya gue sampai di dermaga Pulau Kelapa, lalu lanjut ke Pulau Harapan dengan berjalan kaki. Jalan kaki dari Dermaga Pulau Kelapa ke homestay sekitar 15menit.

Yeaaaaah akhirnya sampai juga di Pulau Harapan!! Setelah sampai di homestay kami udah disediakan makan siang oleh guide. Btw, guide gue di sana orangnya asik banget, namanya Pak Ilham atau biasa kami sebut Pak Bro. Hari pertama gue cuma jalan-jalan sekitaran Pulau Harapan, dan mulai explore pulau lainnya di hari kedua.

Selesai makan siang dan bersih-bersih gue main di laut samping homestay. Yaa homestay gue persis di pinggir laut, tapi pinggir laut di pulau ini dibeton semua jadi nggak ada pantai lepas. Puas bermain di laut dekat homestay, gue dan teman-teman berkeliling Pulau Harapan. Walaupun udah banyak rumah penduduk, tapi pulau ini masih sepi. Gue jarang banget ketemu dengan penduduk sekitar, mungkin pada di dalam rumah kali ya.

Sambil berjalan-jalan gue nemuin dermaga di ujung pulau. Di ujung dermaga banyak anak kecil yang lagi berenang. Gara-gara ngeliat anak kecil pada berenang, teman gue si Ricko juga ikutan renang. Hadeeeeh.

Hari kedua pun tiba, kami berdelapan sudah siap-siap berkeliling kepulauan seribu. Tujuan pertama adalah snorkeling, tapi gue lupa nama tempat kami snorkeling itu apa. Lanjut ke tempat kedua gue mampir di Pulau Kayu Angin Panjang. Fyi, pulau ini punya Pak Tri Sutrisno lho!

Dari Pulau Kayu Angin Genteng Panjang kami menuju Pulau Kayu Angin Genteng, di antara pulau-pulau lain ini adalah pulau favorit gue. Pulau ini udah dikelola oleh resort atau pihak swasta, tapi sayang kayanya udah ngga keurus padahal cottege-nya masih bagus.

Puas foto-foto lalu dilanjutkan dengan makan siang, makan siang kali agak berbeda karenan banyak anjing yang ikutan makan juga. Di pulau ini banyak anjingnya, katanya sih memang sengaja di tinggal pemiliknya buat ngejagain pulau ini, tapi kasian mereka semua pada kelaperan.

Image.

Selesai makan siang seperti biasa si Ricko klo liat air pasti bawaannya pengen berenang, yaa akhirnya dia nyeburlah di sekitaran dermaga.

Dari Pulau Kayu Angin Genteng kami lanjut ke Pulau Putri. Pulau Putri ini adalah pulau yang sudah dikelolah pihak swasta, yaa sebagian pulau-pulau di kepulauan seribu memang sudah di kelolah pihak swasta maupun milik pribadi. Klo mau masuk ke Pulau Putri anda harus bayar tiket masuk sebesar Rp 50.000, bukan cuma bisa menikmati pemandangan pantai di pulau ini tapi anda juga bisa masuk ke aquarium bawah laut.

Aquarium bawah laut di Pulau Putri mirip kaya seaworld di Jakarta, bedanya ini bener-bener di bawah laut. Oh ya, gue dan teman-teman juga sempat bikin Harlemshake di tunnel aquarium. Puas lihat-lihat di sekitar pulau, lalu kita di ajak berkeliling Pulau Putri oleh guide (Pak Ilham), di pulau ini masih banyak hutan dan ada biawak. Waaaah pertama kali ketemu biawak kami semua agak takut, tapi anehnya biawaknya malah takut sama Ricko. Sebelumnya anjing di Pulau Kayu Angin Genteng aja takut sama Ricko, biawak juga takut, mungkin klo setan ketemu Ricko bisa kabur juga tuh. Hahaha.

Capek berkeliling nyari biawak akhirnya kami ketemu kolam renang, tanpa pikir panjang kami semua lansung nyebur. Sudah puas berenang, kami melanjutkan perjalanan lagi. Kami menuju Pulau Gosong, dari namanya aja udah kebayang gimana nantinya kami semua jadi gosong . Pulau ini cuma ada tumpukan pasir putih dan nggak ada sama sekali pepohonan.

Puas panas-panasan di Pulau gosong yang membuat badan makin gosong, gue lanjut ke Pulau Bira Besar. Pulau Bira Besar punyanya Patrajasa, tapi sayang pulaunya udah nggak terawat. Senja pun tiba, kata Pak Ilham klo mau liat sunset lebih bagus di Pulau Bulat dan akhirnya kami menuju Pulau Bulat. Pulau ini punyanya Pak Soeharto lho! Tapi sama dengan pulau milik Patrajasa, pulau ini juga udah nggak keurus cuma aja penjaganya aja.

Sunset di Pulau Bulat menandakan berakhirnya liburan saya. Huuuh. Sedih sih, tapi mau gimana lagi. Kalau ada yang berencana untuk eksplore kepulaun seribu dan menginap di Pulau Harapan ini ada contactnya Pak Ilham (081381259501 / 081807833620 / 085714162318) doi orangnya asik banget kok.

Author:

Penulis karbitan yang doyan makan dan jalan-jalan. Apalagi kalau jalan-jalannya dibayarin :P Contact: iraaldira6@gmail.com

7 thoughts on “Seribu Harapan di Pulau Harapan

1. Hello mau tanya itu ada swimming pool dimaa? di pulau putri? bayar lagi kah? atau sudah termasuk yang 50rb itu? thanks before :))

1. Hai Lisa, maaf ya baru buka blog lagi hehehe. Swimming pool-nya di Pulau Putri ada HTM 50ribu udah termasuk aquarium bawah laut & berenang.